Desain Dapur Minimalis Dari Kayu

Kitchen Set

Perlu diketahui sebelum masuk kepembahasan mengenai kitchen set. Seorang ibu rumah tangga adalah seorang yang tidak pernah kenal lelah dalam menyajikan, menghidangkan, dan mengurusi semua urusan rumah tangga. Untuk itu salut dan kagum bagi ibu-ibu rumah tangga yang senantiasa tidak kenal lelah dalam mengurusi hidangan keluarga, maka dari itu, untuk membuat suasana lebih nyaman dan bersih dalam mengolah hidangan makanan maka perlu mempersembahkan yang terbaik untuk ibu-ibu rumah tangga yaitu kitchen set. Yasudah saatnya masuk kepengertian kitchen set. Kitchen set adalah sebuah ruang pada bagian ruang yang digunakan untuk aktifitas memasak, menyajikan makanan dan menyantap hidangan makanan.

  1. Bagian-Bagian dari Kitchent Set
  2. Kabinet Atas

 

Kabinel atas memiliki ukuran standart, lebar 35 cm, panjangnya menyesuaikan, tinggi 80 atau bisa sampai mentok plafon, akan tetapi biasanya untuk harga standart penawaran itu ukuran tingginya adalah 80 cm. Pada sesi yang lain akan dibahas mengenai harga maupun material finishing yang biasanya akan di pakai dalam pembuatan kitchen set. Pada kabinet atas terdapat exhouse fan, rak piring, cantelan muk, pintu kaca sebagai tempat memajang perabotan rumah tangga yang unik dan mahal.

  1. Kabinet Bawah

Pada kabinet bawah biasanya terdapat kompor, zink ( tempat untuk mencuci piring )rak piring, rak botol, rak bumbu, rak gelas, rak panci, rak wajan, rak sendok, pisau dll. Pada umumnya kabinet bawah di gunakan untuk memasak maupun untuk mencuci prabotan rumah tangga.

  1. Table Top / Counter Top

Table Top / Counter Top Biasanya berfungsi untuk meja top meja. Top meja ini biasa digunakan untuk menaruh bahan-bahan makanan yang akan diolah, dan juga untuk melakukan proses pengolahan makanan. Top meja ini terbuat dari bahan yang anti gores, tahan panas dan air, serta mudah dibersihkan. Material yang biasa digunakan adalah top granit, marmer, tacon, resin hpl.

  1. Kitchent Zink

Kitchent Zink atau biasa disebut zink adalah element yang penting kitchen yang digunakan untuk mencuci perabot memasak, piring, mangkok, gelas, dll. Selain itu juga berfungsi untuk mencuci bahan memasak seperti buah, sayuran, dll. Ada bermacam-macam bentuk design zink, diantaranya adalah bentuk satu lobang tanpa saying, satu lobang satu sayap, dua lobang satu sayap, dua lobang dua sayap. Bahan material zink terbuat dari bahan stainless, ada juga yang terbuat dari resin. Akan tetapi dari bahan tersebut yang paling umum digunakan adalah adalah dari bahan stainless.

  1. Kran Zink

Kran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memutus dan mengalirkan air. Peranan kran air ini sangatlah penting, yang biasanya ada bersamaan dengan adanya zink. Kran ini memiliki bentuk design yang bermacam-macam. Untuk perletakanya, kran biasanya dipasang di dinding Kitchent atau pada Top Kitchent, hal ini tergantung dari design kran yang kita beli.

  1. Cookerhood

Cookerhood adalah yang termasuk salah satu yang ada pada kitchen set. Cookerhood ini berfungsi untuk menghisap asap dari kompor pengolahan makanan. Dengan adanya cookerhood ini ruangan kitchen set akan menjadi lebih segar dan bersih. Dilihat dari designya cookerhood ini ada bermacam-macam.

  1. Kulkas / Refrigerator

Kulkas sangat identik dengan dapur modern. Kulkas ini berfungsi sebagai pendingin. Dengan kulkas ini bahan makanan dan buah-buahan akan tetap segar, tahan lama, dan tidak mudah busuk.

  1. Kompor

Kompor merupakan element yang paling penting dalam kitchen set. Kompor ini berfungsi untuk mengolah makanan sebelum dihidangkan. Ada dua jenis kompor yang biasa digunakan yaitu kompor jenis portable dan kompor tanam. Tren terbaru saat ini adalah dengan adanya jenis induksi tanpa menggunakan api.

  1. Microwave

Microwave merupakan komponen pendukung yang ada pada kichent set, berfungsi sebagai alat untuk menghangatkan makanan. Penggunaanya perlu lebih efisien karena membutuhkan energy listrik yang besar dan dapat mengakibatkan efek radiasi elektromagnetik. Alat ini tidak mesti selalu ada pada kitchen set.

  1. Oven

Oven juga termasuk salah satu alat penunjang yang ada pada kitchen set. Oven adalah alat untuk memanggang. Oven juga mestinya harus efisien dalam penggunaannya, karena membutuhkan energi listrik yang besar. Bentuk dari oven ini ada berbagai macam. Sudah banyak sekali berbagai design yang ada pada pasaran. Kitchent set yang memasukkan element alat oven ini akan menambah kesan mewah dan exsklusif.

  1. Bar

Bar yang kita kenal dewasa ini pada awalnya berasal dari Amerika Utara kira-kira 300 tahun yang lalu. Ketika itu pada setiap bar umumnya dilengkapi dengan “counter” yang terbuat dari kayu yang kuat. Counter tersebut berfungsi sebagai “Barrier” yang artinya penghalang/pembatas. Dari sinilah muncul istilah “Bar” yang diambil dati kata “Barrier”.

Barrier tersebut ketika itu mempunyai fungsi utama sebagai pemisah antara bar customers dengan barman atau bartender, saat itu belum berfungsi sebagai tempat meletakkan minuman pesanan tamu. Customer tersebut menikmati minuman pesanannya samil memegang gelas minumannya.

Saat ini barrier tersebut dikenal dengan istilah “bar counter”. Bar counter telah dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat multi guna dari sebelumnya, yaitu:

  1. a) Sebagai tempat menikmati minuman

Bagian atas dari bar counter telah dibuat lebih lapang sehingga dapat berfungsi sebagai tempat menikmati minuman yang nyaman dan menyenangkan. Karena sambil menikmati minuman customernya dapat menyaksikan hal-hal menarik yang ditampilkan oleh bartender, penataan ruang kerja bartender dan bar display.

  1. b) Sebagai dekorasi bar

Design yang menarik dan kombinasi bahan barcounter yang berkualitas tinggi yang dipadukan dengan bentuk ruangan bar yang bersangkutan mampu menambah semarak dan serasinya penampilan sebuah bar. Hal ini diharapkan dapat menciptakan atmosfer ruangan bar yang nyaman dan menyenangkan sehingga customer mendapat kepuasan tersendiri.

  1. c) Sebagai Special Store

Bagian belakang barcounter dapat dirancang sedemikian rupa yakni dilengkapi dengan rak-rak atau laci-laci sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis “Bar Supplies”. Hal ini disamping untuk penghematan ruangan penyimpanan juga dapat memperlancar/membantu tugas barman. Tersedianya bar supplies yang memadai dan pada tempat yang mudah dijangkau akan memperingan tugas-tugasnya dan kepuasan bar customer dapat lebih terjamin.

  1. d) Sebagai tempat berlindung

Dalam situasi tertentu , misalnya ada customer yang dalam keadaan mabuk dan sulit dikendalikan serta ada kecendrungan dapat barman, maka barman dapat berlindung di balik barcounter sambil menghubungi pihak security melalui telepon.

Dalam design kitchen set, bar ini bisa disatukan dibawah ini adalah contoh design yang menyatukan kitchen set dengan bar.

  1. Island

Island adalah sebuah meja cabinet yang terpisah dari kitchen set, biasa diletakkan ditengah ruang dapur. Island berfungsi untuk meramu bahan makanan dan juga untuk mengiris-iris bahan makanan. Islan terdiri dari pintu-pintu swing dan laci-laci. Island ini bukan merupakan element kitchen set yang penting. Jika memasukkan element cabinet island ini harus memperhatikan luasnya ruangan dapur. Jika asal-asalan memasukkan / menaruh island ini dalam ruangan kitchen set maka akan semakin menambah sempit ruangan.

Ini adalah satu satu design island yang bisa naik turun. Design island ini multifungsi, bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati kopi dan membaca koran. Untuk megiris-iris dan mempersiapkan bahan makanan juga bisa. Selain itu untuk setelan paling tinggi bisa untuk meja bar.

Mendesain  dapur minimalis

Mendesain dapur minimalis